Manfaat Daun Srikaya

1 min read

Buah srikaya memiliki nama ilmiah Annona Squamosa yang masuk dalam genus Annona. Buah yang berasa dari daerah tropis bentuknya hampir mirip dengan buah sirsak. Buah yang satu termasuk mudah ditemui di Indonesia mengingat iklim di Indonesia adalah tropis. Sehingga, srikaya dapat tumbuh subut disetiap daerah.

Memang buah srikaya tidak sepopuler saudaranya buah sirsak, akan tetapi rasaya tidak kalah nikmat dengan buah tersebut. Tak hanya menyehatkan, buah yang kaya akan nutrisi ini juga mempunyai manfaat lain terutama pada bagian daunnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun srikaya, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengobati Bisul dan Borok

Gejala bisul dan borok menjadi penyakit yang mengganggu. Tak hanya menimbulkan rasa sakit, namun penyakit tersebut membuat penderitanya menjadi malu. Terlebih jika bisul dna borok yang dialami berada di bagian yang terlihat sehingga akan membuat penderitanya kurang percaya diri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Khasiat daun srikaya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencuci beberapa lembar daun srikaya  segar, setelah itu tumbuh hingga halus. Jika sudah, Anda bisa menambahkan garam dan gunakan ramuan tersebut untuk menutupi bagian bisul atau borok. Ganti ramuan tersebut 2-3 kali dalam sehari supaya hasilnya maksimal.

2. Sebagai Penenang

Apabila terdapat orang yang secara tiba-tiba pingsan maupun sedang histeris, Anda juga bisa memanfaatkan daun srikaya. Cara membuat ramuannya pun sangat sederhana, karena Anda hanya perlu menumbuk daun sirkaya sampai halus. Setelah itu, dekatkan ramuan tersebut pada hidung penderitanya.

3. Gangguan Pencernaan

Manfaat daun srikaya juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Caranya, cuci beberapa lembar daun srikaya lalu tumbuk atau blender hingga halus. Jika sudah, tambahkan 2 sendok minyak kelapa lalu ramuan Anda tadi bisa Anda tempelkan pada perut Anda.

4. Mengobati Cacingan Pada Anak

Ketika buah hati Anda cacingan, jangan dulu diobati dengan mnggunakan obat-obatan kimiawi. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan daun sirkaya. Cuci kurang lebih 15 lembar daun srikaya bersama dengan lima gelas air mineral. Rebus ramuan tersebut hingga tersisa tiga gelas, setekah itu Anda bisa menyaring ramuan tersebut. berikan pada anak Anda untuk meminumnya 2 kali dalam sehari.

5. Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Adanya penyakit ini akan membuat tubuh terasa nyeri. Manfaat daun srikaya ternyata juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit satu ini karena dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Caranya sama dengan cara mengonsumsi daun sirsak yakni Anda cukup meminum secara teratur air seduhan daun sirkaya supaya asam urat pada tubuh Anda tidak lagi mengganggu aktivitas Anda.

6. Mengobati Kudis

Rasa gatal yang diakibatkan oleh gejala kudis memang sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakannya, manfaat daun srikaya ini bisa Anda gunakan. Cara pengaplikasiannya sangat mudah Anda hanya perlu mencuci 15 lembar daun srikaya segar lalu tumbuk hingga halus.

Remaslah hasil tumbukan tadi bersama air kapur, atau Anda bisa memanfaatkan satu sendok teh. Setelah itu, Anda bisa menggosokannya pada bagian kulit yang terkena kudis. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam sehari supaya kudis yang Anda alami segera mereda.

Dan itulah beberapa manfaat daun srikaya yang bisa ada dapatkan. Untuk hasil terbaik, lakukan secara konsisten supaya hasil yang didapat bisa maksimal. Selama mencobanya di rumah.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *