Manfaat Daun Salam

2 min read

Daun salam dikenal sebagai daun tambahan makanan yang berfungsi memberi rasa dan aroma. Daun ini tidak dimakan, melainkan hanya digunakan sebagai bumbu seperti halnya sereh atau lengkuas. Tak banyak yang mengetahui bahwa manfaat daun salam tidak hanya sebagai bumbu dapur, tetapi juga untuk tujuan pengobatan.

Bernama latin Laurus nobilis, daun ini memiliki berbagai macam nutrisi yang berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh. Daun yang ditemukan di sekitar Asia Tengah ini bahkan telah banyak digunakan sebagai obat sejak abad pertengahan.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Daun Salam

1. Vitamin C

Sekitar 45 mg vitamin C terdapat dalam kisaran 100 gram daun. Konsumsi tersebut sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 77%. Peran vitamin C adalah sebagai antioksidan untuk mengusir radikal bebas dari tubuh juga meningkatkan imunitas.

2. Vitamin A

Vitamin yang dikenal sebagai pemelihara kesehatan mata dan kulit ini juga terdapat dalam daun salam. Fungsi antioksidannya tentu membersihkan tubuh dari toksin berbahaya. Daun salam sangat kaya akan vitamin A dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Asam folat

Asam folat terkandung dalam daun salam sebesar 180 miligram dalam 100 gram daun. Fungsi folat yaitu mensintesis DNA selama perikonsepsi.

4. Vitamin B kompleks

Ada kandungan niacin, riboflavin dan pyridoxine yang akan membantu menyintesis enzim, meningkatkan fungsi sistem saraf, juga mengatur metabolisme tubuh.

5. Mineral

Ada beberapa mineral yang terkandung salam daun salam, diantaranya magnesium, potasium, selenium, zat besi dan seng. Potasium beperan pentung sebagai komponen pembentukan sel, mengontrol tekanan darah, dan detak jantung. Sementara magnesium dalam tubuh nantinya berperan sebagai pembantu antioksidan. Xat besinya nanti akan berperan dalam pembentukan sel darah merah baru.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Mengatasi asam urat

Teh yang terbuat dari daun salam bisa dijadikan salah satu terapi untuk mengurangi penyakit asam urat. Kandungan mineralnya membantu untuk mencegah asam mengkristal pada sendi. Manfaat daun salam untuk asam urat bisa dirasakan dengan cara merebus daunnya, kemudian meminum rebusannya setiap hari untuk pencegahan dan pengobatan asam urat.

2. Mencegah pembentukan batu ginjal

Studi pada tahun 2014 mencari tahu apakah benar bahwa daun salam dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Hasilnya adalah manfaat daun salam untuk batu ginjal mampu mengurangi jumlah urease. Urease merupakan enzim yang menyebabkan pembentukan batu ginjal ketika jumlahnya melebihi normal.

3. Menekan Darah Tinggi

Manfaat daun salam untuk mencegah darah tinggi adalah dengan cara membuat aliran darah ke seluruh tubuh dan jantung mnjadi lancar. Jka aliran darah lancar, maka risiko hipertensi bisa ditekan. Caranya adalah dengan memninum rebusan daun salam setiap hari.

4. Daun salam bagi ibu menyusui

Daun salam memang baik untuk beberapa penyakit, namun berbeda dengan tujuan untuk ibu menyusui. Manfaat daun salam untuk ibu menyusui hanya jika daun ini dicampurkan ke dalam makanan. Ibu menyusui sebaiknya menghindari rebusan daun salam karena akan mempengaruhi kualitas ASI.

5. Menghilangkan Jerawat

Daun salam merupakan perawatan ala rumahan untuk mengobati jerawat. Manfaat daun salam untuk jerawat adalah mengempeskan jerawat, melembabkan wajah, lalu memeliharanya untuk mencegah penuaan. Sifat antiseptiknya mencegah jerawat tumbuh kembali. Oleskan minyak daun salam ke wajah lalu pijat perlahan.

6. Menstimulasi daya tahan tubuh

Tiga kandungan nutrisi yang ada pada daun salam seperti vitamin C, seng dan vitamin A berperan penting dalam pembuatan antibodi. Vitamin C adalah vitamin yang berpotensi mencegah bakteri jahat berkembang sementara vitamin A menjadi ‘pasukan’ untuk menjaga kesehatan mata, mulut, paru-paru dan pencernaan dari bakteri dan virus.

7. Mengatasi gangguan pernafasan

Gejala flu dan beberapa masalah pernafasan seperti bronkitis dapat diatasi dengan rebusan daun salam. Potensi anti-inflamasi, anti-bakteri dan kandungan vitamin C-nya mampu menjadi bahan perawatan alami bagi penderita gangguan pernafasan. Namun, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

8. Meredakan gangguan pencernaan

Salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah perut kembung, Manfaat daun salam berperan untuk meredakan gangguan tersebut dengan cara memnum rebusan beberapa helai daun salam.

9. Meredakan sakit

Sifat anti-inflamasinya mampu melegakan ketegangan dan nyeri pada otot. Namun penggunaan daun salam untuk tujuan ini, bukanlah dimakan melainkan menggunakan minyaknya. Oleskan minyak ke bagian tubuh yang sakit, kemudian lakukan pijat pelan-pelan.

10. Menekan risiko stres

Terdapat kandungan linalool dalam daun salam yang fungsinya menekan stres. Manfaat tersebut karena linalool mengatur keseimbangan hormon yang akan diteruskan ke neurotransmitter. Jika hormon sinkron, maka kecenderungan stres bisa ditekan.

Manfaat daun salam begitu praktis digunakan di rumah. Selain mudah didapatkan, cara pengolahannya secara umum hanya direbus untuk diambil airnya saja. Cobalah untuk menggunakan daun salam untuk mengobati beberapa kasus yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *