Manfaat Daun Pegagan

1 min read

Pegagan yaitu jenis tanaman yang termasuk dalam tumbuhan penggangu atau gulma. Ya, tanaman satu ini sering dijumpai pada area pekarangan rumah maupun di persawahan. Meskipun termasuk tanaman pengganggu, namun ternyata tanaman satu ini mempunyai manfaat yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Tanaman pegagan ini merupakan anggota yang berasal dari keluarga peterseli yang tumbuh subur di Afrika dan Asia Tenggara. Di beberapa Negara, pegagan sudah dijadikan obat herbal untuk membantu beberapa penyakit seperti sifilis, masalah kulit psoriasis dan asma. Tak hanya itu saja, bahkan masih ada khasiat daun pegagan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gejala kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat daun Pegagan

1. Pengobatan Tradisional dan Kontemporer

Sejak dahulu di negara seperti Cina, India dan Indonesia sudah menggunakan tanaman pegagan untuk membantu mengobati berbagai macam gejala kesehatan. Manfaat daun pegagan tersebut bisa dijadikan untuk penyembuhan luka, psoriasis, pengobatan kondisi kulit seperti lepra dan membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Banyak orang yang sudah menggunakan bahan herbal satu ini untuk dijadikan pengobatan seperti ulkus lambung, sifilis, epilepsy, asma, di area, hepatitis dan diare. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh The University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa tanaman pegagan saat ini bisa digunakan untuk mengobati varises dan insufiensi vena kronis. Akan tetapi, penelitian modern menunjukkan bahwa ramuan tersebut tetap harus didukung dengan tambahan aplikasi obat.

2. Mengurangi Kecemasan

Penelitian yang dilakukan di India telah menguji coba secara klinis dalam skala kecil guna menentukan adanya efek yang ditimbulkan dari pegagan tersebut. Dan adanya kemungkinan tersebut yaitu adanya gejala kecemasan  yang terkait, contohnya seperti depresi. Para peneliti mengumpulkan kurang lebih 33 subjek tes dimana subjek tersebut diberikan kapsul 500 mg yang isinya adalah esktrak pegagan selama 60 hari.

Peneliti pun mengamati bahwa peserta tes selama periode penelitian yang berisi kuisioner untuk diisi data pengujian. Dan berdasarkan pengamatan, peneliti menyimpulkan bahwa pegagan melengkapi secara efektif untuk membantu membantu mengurangi kecemasan. Sehingga peneliti mengatakan bahwa temuan mereka ini menunjukkan manfaat daun pegagan ini berguna untuk pengobatan gangguan kecemasan atau GAD.

3. Antioksidan

Penelitian yang dilakukan di Brasil mengidentifikasi ekstrak pegagan pada tingkat aktivitas antioksidan dan juga sitotoksik. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa pada ekstrak tersebut terdapat fenolat dan flavonoid yang merupakan senyawa nabati yang signifikan.

Sehingga pelaporan yang dihasilkan bahwa ekstrak pegagan mempunyai sifat antioksidan yang kuat selama uji coba tersebut. penelitian pun menunjukkan ekstrak pegagan ini mempunyai kemampuan dalam membunuh sel saat diuji dengan baris sel glioma pada kasus kanker payudara.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Pada review yang dilakukan oleh studi praklinis dna juga klinis tentang sifat farmakologi pegagan. Para peneliti India in mencatat bahwa beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan obat herbal bekerja efektif dalam mempercepat penyembuhan luka.

Mereka mengambil sampel sebuah studi dimana berbagai formulasi krim, salep dan gel yang terbuat dari ekstrak pegagan yang diaplikasikan untuk membuka luka pada tikus laboratorium. Dan setelah 24 ari pengobatan, peneliti menyebutkan adanya pegagan yang diaplikasikan sebanyak 3 kali dalam sehari dapat merangsang proliferasi sel dan juga sintesis kolagen pada luka tersebut. Sehingga, manfaat daun pegagan ini juga bisa diaplikasikan pada kulit manusia.

Itulah beberapa manfaat daun pegagan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *