Manfaat Daun Kemangi

1 min read

Daun kemangi menjadi daun yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih saat Anda menyantap makanan, biasanya daun kemangi dihidangkan bersama sambal untuk dijadikan lalapan. Setelah memakan daun ini, bisa menghilangkan bau mulut karena menimbulkan bau yang khas.

Meskipun begitu ternyata tidak semua orang menyukai daun yang satu ini padahal banyak sekali manfaat daun kemangi bagi tubuh. Daun kemangi mempunyai nama latin Ocimum Basilicum yang mempunyai aroma yang khas dan bisa menggugah selera makan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun Kemangi :

1. Mencegah Stroke

Seperti diketahui bahwa memasuki usia senja, penyakit stroke menjadi salah satu penyakit mematikan yang bisa menghampiri kapan saja. Penyakit ini tidak memberikan tAnda-tAnda yang dikenali karena penyakit bisa datangnya secara tiba-tiba atau mendadak.

Dan manfaat daun kemangi ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit ini. Caranya, konsumsi daun kemangi untuk menjadikan fungsi darah pada pembuluh arteri mengalami peningkatan sehingga aliran darah bisa bekerja dengan baik.

2. Membantu Kesehatan Mata dan Mulut

Manfaat daun kemangi juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu meredakan mata minus, mata mengantung dan juga bisa melindungi mata dari stress karena daun ini mengandung vitamin A tau betakoreten yang tinggi. Bahkan Anda juga bisa menghilangkan bau mulut dengan cara mengonsumsi daun ini secara rutin karena setelah mengonsumsi daun ini akan meninggalkan aroma yang khas.

3. ASI Lebih Produktif

Untuk Anda para ibu melahirkan memang disarankan untuk mengonsumsi daun katuk supaya produksi ASI bisa berlimpah. Tak hanya daun katuk saja, ternyata manfaat daun kemangi juga bisa meningkatkan asi secara efektif.

Anda tinggal mengonsumsi daun ini secara rutin karena mempunyai kandungan yang sama untuk memperlancarkan produksi Asi.

4. Menunda Masa Menopause

Untuk Anda para wanita yang memasuki usia diatas 40 tahun ke atas, pastinya akan memasuki masa menopause. Menopause ini menjadi tanda bahwa Anda tidak bisa menstruasi lagi sehingga tidak bisa hamil lagi.

Anda pun bisa menundanya dengan mengonsumsi daun kemangi, hal ini dikarenakan pada daun kemangi terdapat zat triptofan. Ya zat triptofan ini bisa membantu menunda masa menopause dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

5. Menyembuhkan Demam

Gejala demam akibat gejala masuk angina biasanya datang karena adanya masa pancaroba yang bisa datang kapan saja akibat cuaca yang tidak pasti. Manfaat daun kemangi ini juga bisa dijadikan pengobatan yang tepat untuk balita yang sensitive dengan penggunaan obat-obatan.

Caranya, Anda bisa meremas daun kemangi bersama dengan bawang merah serta minyak kelapa. Setelah itu, balurkan pada bagian perut dan punggung supaya terasa hangat.

6. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Daun kemangi juga mengandung magnesium yang akan membantu melancarkan system peredaran darah pada tubuh. Magnesium ini akan membantu mengontrol dan juga merileksasikan kerja jantung.

7. Mencegah Jerawat

Mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu mengatasi bahkan mencegah jerawat. Manfaat daun kemangi juga mengandung zat yang bisa membantu mencegah peradangan yang disebabkan oleh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Caranya, Anda bisa mengambil daun salam secukupnya. Setelah itu, Anda bisa menghaluskannya hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta tersebut untuk dioleskan pada wajah Anda selama 15 menit. Setelah itu basuhkan dengan menggunakan air bersih.

manfaat daun kemangi ternyata banyak bukan?, tidak hanya bisa digunakan untuk lalapan saja bukan? Untuk hasil maksimal Anda bisa mengonsumsi daun ini secara rutin.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kelor

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *