Manfaat Daun Kelor

1 min read

Belum banyak orang yang mengetahui tentang tumbuhan kelor, padahal daun dari tumbuhan suku Moringaceae ini memiliki banyak manfaat.  Kelor atau merunggai yang kerap disantap warga umum ini ternyata salah satu pembunuh sel kanker. Dengan nama latin Moringa oleifera, tumbuhan kelor dapat tumbuh hingga ketinggian tujuh sampai sepuluh meter bahkan lebih.

Daun kelor tak setenar pepatahnya yang berbunyi  dunia tak selebar daun kelor, namun tumbuhan yang disebut Miracle Tree ini menarik perhatian. Jika diurai satu per satu, Khasiat daun kelor dapat melebihi lima puluh jumlahnya. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan daun kelor kaya akan manfaat? Hal itu karena di dalam kelor mengandung aneka zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Zat-zat tersebut diantaranya ialah potasium, kalsium, dan vitamin C yang jumlahnya tujuh kali lipat dari jeruk. Tak hanya itu saja, dalam daun kelor juga terkandung vitamin A yang jumlahnya empat kali wortel dan protein. Kandungan itu bukan hanya mitos atau isapan jempol belaka, Organisasi Kesehatan Dunia yaitu WHO juga telah mengklaim hal tersebut.

Daun Kelor Memiliki Manfaat Sebagai Berikut  :

1. Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Khasiat daun kelor untuk mata telah dibuktikan dengan kandungan vitamin A yang melimpah di dalamnya. Daun kelor berguna untuk selalu menjaga kesehatan mata dan untuk membuat mata terlihat jernih. Tak hanya itu saja, daun kelor pun melindungi dari penyakit mata seperti mata minus dan plus. Caranya cukup dengan memakan daun kelor yang telah dibersihkan.

2. Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

Telah dipaparkan di paragraf sebelumnya bahwa daun kelor merupakan salah satu zat pembunuh sel kanker karena anti oksidan yang tinggi. Khasiat daun kelor untuk kanker diperkuat dengan adanya potasium yang memperlambat kecepatan sel kanker. Hal ini didukung dengan fakta melalui jurnal (2011) dengan judul FOOD and Chemical Toxicology.

 3. Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Selain kanker, salah satu penyakit yang mematikan ialah penyakit diabetes atau sering disebut dengan gula. Manfaat daun kelor untuk diabetes yaitu daun ini dapat berfungsi sebagai insulin untuk menurunkan kandungan gula di dalam tubuh penderita. Kandungan insulin di dalam daun kelor didapat dari mineral seng yang mempunyai sifat anti-diabetes.

4. Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

Nyatanya, manfaat daun kelor tak usai sampai di penurunan kadar gula penderita penyakit diabetes saja. Daun ini juga bermanfaat untuk penyakit asam urat, jerawat dan ibu hamil. Adanya manfaat daun kelor untuk asam urat disebabkan oleh kandungan senyawa alkoloid dan flavonoid yang berfungsi mencegah pembentukan asam urat dan pereda nyeri.

Tak hanya itu, ada pula zat kholkisin yang memiliki fungsi sama dengan alkoloid yaitu untuk memperlambat pembentukan asam. Kholkisin memperlambat kegiatan sel darah putih untuk melakukan phagositosis yang berguna untuk penghilang radang dan penghilang rasa sakit. Jika radang dapat dihilangkan, maka bengkak dengan warna merah pada sendi akan hilang.

5. Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Manfaat selanjutnya yaitu Khasiat daun kelor untuk ibu hamil yang baik untuk penglihatan bayi yang akan lahir beserta sang ibu. Kandungan vitamin dan gizi di dalam daun kelor memang baik untuk bayi, anak-anak dan ibu hamil serta ibu menyusui. Selain baik untuk penglihatan, daun kelor berfungsi untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur pada ibu hamil.

6. Manfaat Daun Kelor untuk Jerawat

Manfaat terakhir yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini yaitu manfaat daun kelor untuk jerawat. Kandungan vitamin C yang ada pada daun kelor berguna sebagai anti-oksidan, zat ini baik untuk kulit mana pun khususnya kulit wajah. Anda dapat menggunakan daun kelor sebagai masker wajah dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *