Manfaat Daun Afrika

2 min read

Daun Afrika merupakan jenis tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai pengobatan tradisional di Afrika Barat. Manfaat daun Afrika untuk kesehatan antara lain untuk menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit jantung. Daun Afrika sangat banyak diterapkan sebagai obat herbal di negara seperti Cina, India, Afrika, dan Australia. Sedangkan di Indonesia sendiri daun Afrika belum cukup dikenal luas oleh masyarakat seperti layaknya daun sirsak, ataupun daun sirih.

Daun Afrika dapat tumbuh di lingkungan tropis maupun subtropis, dan dikembangbiakkan dengan cara stek batang. Daunnya kecil, dan memiliki permukaan agak kasar dan mengkilap. Pohonnya dapat tumbuh tinggi dengan cepat. Di beberapa negara bagian, seperti Cina, India, dan Afrika, bunga dari pohon Afrika juga dapat dijadikan sebagai obat.

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Daun Afrika (dalam setiap 100 gram)

  1. Kalium: 21.1 mg
  2. Kalsium: 11.7 mg
  3. Fosfor: 0.7 mg
  4. Sulfur: 2.20 mg
  5. Natrium: 247 mg
  6. Zat besi: 416 mg
  7. Zinc: 31 mg
  8. Mangan: 75 mg

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Daun Afrika dipercaya dapat menurunka kolesterol jahat di dalam darah hingga 50%, serta meningkatkan kolesterol baik. Sehingga dapat mencegah datangnya penyakit jantung, stroke, dan Alzheimer.

2. Mengobati penyakit kanker

Manfaat daun Afrika untuk kanker yaitu didapat dari ekstrak daun Afrika yang dapat menurunkan kadar estrogen yang berlebih di dalam darah yang menyebabkan terjadinya peningkatan resiko kanker, terutama kanker payudara.

3. Mencegah penyakit jantung

Dilansir dari sebuah studi di tahun 2009 yang dimuat dalam jurnal ‘Current Pharmaceutical Design’ bahwa omega-3, dan 6, terbukti dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner, henti jantung mendadak, gagal jantung, dan gangguan pembekuan darah.

4. Meredakan penyakit malaria

Daun Afrika juga bisa digunakan untuk mengobati demam yang disebabkan oleh malaria ringan. Caranya daun Afrika dijadikan jus, dan secara rutin diberikan kepada penderita malaria sampai demam berangsur-angsur turun. Selain mengkonsumsi daun Afrika, anda juga disarankan tetap memeriksakan diri ke dokter.

5. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun Afrika, bermanfaat untuk melindungi diri dari kerusakan sel-sel akibat stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan mencegah terjangkitnya penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya.

6. Mengatasi diabetes

Manfaat daun Afrika buat diabetes yaitu sebagai pengobatan alternatif di samping pengobatan medis. Zat aktif nya dapat menurunkan glukosa darah terutama setelah makan. Ekstrak ethanol nya dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan.

7. Mencegah hipertensi

Rebusan daun Afrika, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dengan cepat dan efektif. Sehingga penyakit seperti jantung, stroke, dapat dicegah sejak dini.

8. Mengatasi insomnia

Daun Afrika memiliki kemampuan untuk menciptakan perasaan tenang bagi tubuh, dan relaksasi yang tinggi. Sehingga mengkonsumsi daun Afrika sangat disarankan bagi anda yang mengalami masalah insomnia.

9. Mengobati batuk

Batuk yang berkepanjangan dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun Afrika. Caranya dengan merebus daun Afrika yang telah dicampur madu dan juga jeruk nipis. Bisa juga dengan mengunyah daun Afrika secara langsung. Hasilnya akan lebih efektif.

10. Mengobati pusing

Sakit kepala yang berkepanjangan juga bisa disembuhkan dengan daun Afrika. Sehingga aliran darah yang terhambat dapat lancar kembali

11. Melancarkan pencernaan

Daun Afrika juga ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, dan melancarkannya kembali. Caranya dengan merebus daun Afrika beberapa menit, diamkan sebentar sampai air hangat hangat kuku, kemudian minum. Lebih efektif jika diminum setiap pagi. Lakukan secara berulang hingga BAB lancar.

12. Mengatasi asam urat

Manfaat daun Afrika untuk asam urat ialah dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang atau bagi penderita asam urat, dan menyembuhkan asam urat secara efektif.

13. Menurunkan berat badan

Manfaat daun Afrika untuk menurunkan berat badan yaitu dapat membantu menghancurkan lemak lemak di dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi ekstrak daun tersebut secara teratur. Dan akan lebih efektif jika diimbangi dengan pola makan yang benar.

14. Mengatasi asam lambung

Manfaat daun Afrika untuk asam lambung yaitu sebagai alternatif pengobatan yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Karena daun Afrika bersifat anti-infeksi, anti-toxic, dan anti-peradangan. Sehingga dapat meringankan rasa nyeri akibat infeksi yang terjadi karena asam lambung yang tinggi, membuang racun-racun dalam tubuh, dan menyembuhkannya kembali.

Selain dapat mengatasi masalah kesehatan dan mengobati berbagai penyakit, daun Afrika bisa digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan. Daun Afrika bisa dijadikan sebagai masker maupun lulur. Manfaat daun Afrika yang akan didapatkan antara lain dapat mengatasi jerawat, memutihkan, dan mencerahkan kulit.

Demikian 14 Manfaat Daun Afrika, Dapatkan informasi bermanfaat lainnya hanya di Ensiklonesia.com

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *