Contoh Surat Pengunduran Diri

Dalam dunia karier, seseorang yang sudah membina karier sejak lama tentunya menginginkan jabatan atau posisi yang lebih tinggi pula. Hal tersebut karena semakin lama seseorang bekerja di suatu instansi tersebut, maka semakin bertambah pula pengalaman, pengetahuan serta kemampuan dalam bidang yang sedang ia geluti atau posisi dan jabatannya saat itu.

Maka dari itu, seseorang yang sudah lama bekerja selalu mencari posisi baru yang lebih tinggi atau pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Mencari pekerjaan baru pada instansi atau perusahaan yang berbeda dari sebelumnya tentunya tidak semudah keluar masuk pintu rumah. Ketika masuk sebuah instansi pun seseorang harus menyerahkan surat lamaran, begitu pula ketika hendak mengundurkan diri.

Ketika seseorang hendak keluar dari sebuah perusahaan atau instansi tertentu, maka hendaklah ia keluar dengan sopan dan hormat kepada atasannya. Ada beberapa perusahaan yang membolehkan karyawannya mengundurkan diri dengan cara langsung tanpa menggunakan surat pengunduran dan adapula perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk membuat surat pengunduran diri.

Oleh karena itu, hendaknya seseorang yang ingin keluar dari instansi atau perusahaan tersebut menyerahkan sebuah surat pengunduran diri kepada atasan sebagai rasa hormat dan terimakasih atas kesempatan selama bekerja di instansi tersebut. Surat pengunduran dir tersebut juga tidak hanya ditulis begitu saja. Ada etika dan syarat yang harus dipenuhi agar surat bisa diterima oleh atasan.

Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat pernyataan berupa maksud ingin mengundurkan diri dari instansi atau perusahaan yang ditunjukkan oleh bawahan kepada atasan atau pihak instansi dan perusahaan dimana ia bekerja. Membuat surat pengunduran diri juga tidak sembarang membuat surat biasanya. Surat pengunduran diri harus terdiri dari beberapa persyaratan tertentu.

Persyaratan  dan tata cara membuat Surat Pengunduran Diri

1. Lokasi dan waktu pembuatan surat

Lokasi dan waktu pembuatan surat biasanya berada di bagian pojok atas kanan halaman surat. Lokasi dan waktu tersebut berisi informasi terkait kota dimana surat tersebut dibuat, hari, tanggal, bulan, dan tahun kapankah surat tersebut dibuat oleh sang penulis. Dengan demikain nantinya perusahaan sedang melakukan tekap tahunan, maka  data yang akan dimiliki jelas dan lengkap.

2. Berisi alamat tujuan surat

Surat pengunduran diri haruslah berisi alamat lengkap dimana instansi atau perusahaan tersebut berdiri. Meski seseorang yang ingin mengundurkan diri tersebut bisa langsung memberikan surat tersebut kepada atasan tanpa mengirimkan surat melalui layanan pos dan sebagainya, namun alamat lengkap serta kepada siapa surat tersebut dituju haruslah lengkap untuk memenuhi persyaratan surat.

Selain untuk memenuhi persyaratan surat, mencantumkan alamat lengkap juga merupakan bentuk rasa hormat dan rasa menghargai atasan atau pemilik perusahaan dimana ia bekerja selama ini. Alamat tujuan surat merupakan point pertama yang harus ditulis sebelum point-point lain. Alamat surat juga berisi kepada siapa surat tersebut diperuntukkan. Biasanya kepada manager atau bagian HRD.

3. Kata sambutan atau kata hormat

Kata sambutan atau kata hormat biasanya terdiri dari satu kalimat saja d ibagian awal isi surat. Kata sambutan berisi kata sapaan dengan bahasa yang hormat dan santun. Kata hormat tersebut ditujukan kepada manajer atau bagian HRD. Setelah menuliskan satu kalimat berupa kata sambutan barulah si penulis surat menuliskan maksud dan tujuan.

4. Menyampaikan maksud dan tujuan tanpa basa basi

Menyampaikan maksud dan tujuan berupa meminta izin untuk mengundurkan diri dari jabatan atau posisi yang saat ini sedang kepada atasan. Bagian ini merupakan bagian pokok yang paling penting diperhatikan dan dicermati bahasanya. Kalimat per kalimat yang digunakan hendaklah sopan dan komunikatif agar makna kalimat mudah di pahami oleh penerima surat.

Alasan pengunduran diri juga hendaklah merupakan alasan yang logis, bisa diterima oleh nalar. Hal tersebut agar atasan bisa mempertimbangkan keputusan akhir. Selain itu, alasan pengunduran diri juga menjadi laporan tahunan akhir kepegawaian sebuah perusahaan. Itulah mengapa bagian ini biasanya yang paling diperhatikan oleh yang menerima surat.

5. Kalimat Penutup

Kalimat penutup terdiri dari ucapan permintaan maaf dan ucapan terimakasih kepada kepala perusahaan selaku atasan selama bekerja di instansi tersebut. ucapan permintaan maaf bermakna rasa rendah diri dan mengakui kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sedangkan ucapan terimakasih bermakna rasa bahagia dan syukur atas kesempatan yang selama ini didapat dan diberikan.

Baca Juga:Contoh Daftar Riwayat Hidup

Kalimat penutup juga berupa kalimat harapan positif dan kalimat motivasi yang ditunjukkan penulis kepada seluruh jajaran dan staf perusahaan yang akan ditinggalkan. Kalimat motivasi tersebut diharapkan agar para pegawai yang lainnya terus bersemangat dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas supaya nantinya perusahaan tersebut terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

6. Salah hormat dan tanda tangan penulis

Bagian ini merupakan bagian akhir dari isi surat. Pada bagian ini juga bisa dicantumkan tanggal, kalimat rasa hormat dan juga tanda tangan beserta alamat lengkap penulis. Tanda tangan disini dimaksudkan untuk membuktikan keseriusan penulis mengenai maksud dan tujuan yang telah diutarakan sebelumnya. Biasanya juga diatas tanda tangan tersebut ada materai jika perusahaan menginginkan materai.

Contoh Surat Resign Lengkap

Berikut contoh surat resign yang sederhana,  singkat, umum dan mudah yang sekiranya dapat dijadikan contoh ketika ingin membuat  sebuah surat pengunduran diri. contoh surat ini merupakan contoh umum dan kerangka standar  surat resign yang biasa digunakan kapanpun dan di manapun.

Surabaya, 4 Juli 2018

Kepada

Yth. Manager Human Resources Departemen

CV Indah Jaya Makmur Sejahtera

Jl. Gatot Subroto 78 Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Adziana Maurita, dengan rendah hati bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan dan posisi saya pada CV  Indah Jaya Makmur Sejahtera terhitung sejak 4 Juli 2018.

Saya haturkan terimakasih yang tak terhingga atas kesempatan serta pengalaman berharga yang selama ini saya dapatkan selama bekerja di CV  Indah Jaya Makmur Sejahtera. Permohonan maaf dan rasa hormat yang sangat dalam saya sampaikan kepada seluruh jajaran, staf, serta rekan kerja saya selama bekerja di CV  Indah Jaya Makmur Sejahtera apabila saya selama ini pernah melakukan kesalahan dan kekhilafan yang sekiranya  kurang berkenan di hati.

Harapan dan keinginan saya, semoga CV  Indah Jaya Makmur Sejahtera dapat terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat, berkembang menjadi lebih baik lagi dan lebih positif, serta menjadi harapan bagi para rekan kerja, jajaran, staf da n seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Hormat saya,

(Tanda Tangan)

Adzinda Maurita

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja formal dan lengkap

Berikut contoh surat pengunduran diri kerja dengan bahasa yang lebih formal serta lebih terperinci. Biasanya surat pengunduran diri yang lebih resmi ini digunakan pada instansi formal seperti instansi pemerintahan, perusahaan skala menengah keatas dan lainnya. Contoh surat ini merupakan contoh surat formal paling sederhana.

Semarang, 4 Juli 2018

Kepada

Yth. Manager Humar Resources Departemen PT. Kencana Emas Permai

Jl. Hassanudin 12 Semarang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya selaku Development Manager PT. Kencana Emas Permai,  berdasarkan hasil keputusan direksi dengan ini saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama                : Alzian Pradiguna

Departemen      : Research and Development

Posisi / Jabatan : Development Manager

ID Karyawan      : UJK893740

Bermaksud menyampaikan maksud dan tujuan saya untuk mengundurkan diri dari posisi dan jabatan saya selaku Developmnet Manager, terhitung sejak tanggal 16 Juli 2018.

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas pengalaman, kesempatan, bimbingan dan dukungan selama ini yang saya dapatkan di PT. Kencana Emas Permai. Pengalaman dan dukungan tersebut membantu saya menjadi pribadi yang lebih kreatif, inovatif, positif, dan lebih baik lagi dari sebelumnya dan nantinya ilmu serta pengalaman yang saya dapatkan selama ini kelak akan bisa lebih berguna lagi untuk semua orang yang membutuhkan.

Dengan kerendahan hati, tak lupa pula saya sampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran staf, karyawan-karyawati serta rekan kerja saya di PT. Kencana Emas Permai khususnya rekan kerja di department Research and Development apabila selama saya bekerja disini pernah melakukan kesalahan dan kekeliruan yang sekiranya kurang berkenan di hati dan menyakiti perasan rekan sekalian.

Sebagai rasa terimakasih saya yang tidak terbatas ini, saya bersedia membantu, bertugas dan bertanggungjawab atas jabatan pengganti selama masa transisi agar aktivitas perusahaan terus berjalan lancar sebagaimana biasanya. Saya berharap hal ini bisa menjadi persembahan terakhir dan terbaik yang bisa saya berikan pada PT. Kencana Emas Permai.

Harapan dan keinginan  saya yang tak terbatas adalah semoga ke depannya PT. Kencana Emas Permai terus berkembang dan memberikan yang terbaik  kepada jajaran staf, karyawan-karyawati, seluruh masyarakat serta bisa menjadi perusahaan yang mampu memberikan semangat, motifasi serta manfaat yang tinggi kepada seluruh rekan kerja saya selama ini. saya juga mengharapkan supaya PT. Kencana Emas Permai terus berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

Hormat saya,

( Tanda tangan)

Alzian Pradiguna